Menu

FUDGY COCOA BROWNIES



Ngebet banget pengen makan brownies, tapi sayangnya lagi gak punya stock coklat batang. Yang ada cuma bubuk coklat aja. Search di google akhirnya ketemu resep dari mbak Ricke Indriyani di postingan instagramnya, resep browniesnya gak pake dark cooking chocolate tapi cuma pake bubuk coklat aja. Akhirnya eksekusi ini resep dan hasilnya tidak mengecewakan, karena browniesnya fudgy banget dan teksturnya gak keras, selain itu keluar shiny crustnya. Enak banget deh rasanya. Nyesel banget kalau gak nyobain resep yang satu ini.

FUDGY COCOA BROWNIES
source : Ricke Indriyani.

Bahan :
  • 100 gram unsalted butter 
  • 50 gram vegetable oil/minyak sayur
  • 75 gram cocoa powder
  • 225 gram gula pasir halus/gula kastor
  • 2 butir telur
  • 65 gram terigu protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gram chocohips
Topping :
  • kacang almond/polosan tidak memakai topping (sesuka selera)


Cara membuat :
  1. Panaskan oven 170 - 180'C (sesuaikan dengan oven masing - masing. Alasi loyang 20x20x4 cm dengan baking paper, lebihkan sedikit pinggirannya untuk mengangkat brownies dari loyang, olesi margarin. Sisihkan.
  2. Panaskan butter dan minyak sayur dalam panci dengan api kecil sampai butter meleleh (bisa dilelehkan di microwave/ditim double boiler). Masukkan gula pasir, aduk rata sampai gula mulai larut jadi adonan yang agak kental.
  3. Masukkan coklat bubuk, aduk rata. Diamkan hingga agak dingin.
  4. Masukkan telur dan vanila ke dalam adonan cokelat, aduk rata dengan handwhisk hingga telur benar - benar tercampur rata menjadi adonan yang licin.
  5. Masukkan terigu dan garam yang sudah diayak. Aduk dengan spatula hingga terigu tercampur rata. Masukkan chocochips, aduk rata.
  6. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Bisa ditaburi topping sesuai selera.
  7. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sampai matang (sekitar 20 - 25 menit). Jika permukaan sudah kering tapi bagian dalam masih agak lembut ketika disentuh. Test tusuk akan masih ada sedikit moist crumbs yang menempel tapi bukan adonan basah yang mentah.
  8. Keluarkan dari oven, diamkan dalam loyang hingga agak hangat. Keluarkan dan dinginkan. Potong - potong.
step - step membuat brownies



No comments:

Post a Comment

Author

authorHello, my name is Enggar Rahayu and I really love Baking n' Cooking! Follow our social media to get more info, tips and trick, etc



Total Pageviews

Flag Counter